background:#000000 url(http://petir-project.googlecode.com/files/zuaz-petir.gif) no-repeat center fixed;

air terjun sirin punti

Air Terjun Sirin Punti terletak di Hulu Sungai Taman Kampung Sangke Dusun Kelampuk Desa Meragun Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau.
Jarak dari Ibu Kota Kecamatan Nanga Taman ke lokasi, kurang lebih 12 km dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat hanya sampai di ibu kota Kecamatan, jika menuju ke lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ( Sepeda Motor ).
Air Terjun Sirin Punti
perahu diperintahkan untuk mengambil buluh (Bambu) ke atas, sekembalinya dari atas ternyata yang memegang bambu tersebut hanya kedengaran suaranya tapi tak nampak badannya, Pangeran Agong penasaran, beliau juga ingin memegang bambu tersebut, kejadian juga sama dengan yang dialami oleh sahabatnya.
Beliau lalu pulang dan berkata pada anak istri dan kaum kerabat yang setia menjadi pengikutnya, beliau bersabda.
Wahai … hulu balang yang setia kepadaku, berkumpullah dihadapanku. Bagaimana andai kata kita pindah dari kerajaan ini ! …. Jawab rakyat kami setuju, kami setia menjadi pengikutmu, wahai baginda raja.
Seketika itu pula mereka pergi beramai-ramai ke seberang, membangun pemukiman baru di seberang kapuas, tepatnya didaerah Lawang Kuari.
Setelah kerajaan jadi, dihilir kerajaan terdapat suku daya’ dihulu kerajaan terdapat suku Cina, ditengah-tengah kerajaan ( Balai Raja ) yaitu Keraton Pangeran Agong. Kemudian kerajaan tersebut ditabur di sekelilingnya abu gelap yang terdapat di dalam buluh tadi dan menghilang ( Batang Panjang Menghilang ).
Hanya yang nampak gua-gua belaka hingga sekarang.
Lawang Kuari sekarang menjadi objek daya tarik wisata ( ODTW ) di Kabupaten Sekadau.

0 Comments:

Post a Comment